Pages

Wednesday, March 16, 2011

Ubuntu Software Center (Introduction)

Kepada semua novice user Ubuntu, dalam artian bukan networking guys, pasti sering sekali mengalami masalah dalam menginstall berbagai software yang biasa kita gunakan kalau laptop atau komputer terhubung dengan internet, seperti Flash Plugin, Google Talk, Yahoo Messenger, Skype, browser seperti Google Chrome, Opera dan safari yang biasanya tidak ada saat kita menginstall Ubuntu. Software-software lainnya seperti VLC, video code untuk buka video dengan format-format tertentu, dan software lainnya juga tidak termasuk default software ketika menginstall Ubuntu versi lama.

Kalau pengalaman saya, biasanya saya akan google terlebih dahulu, seperti keyword "ubuntu install skype" atau "ubuntu install safari"  dan lain sebagainya. Selalunya google akan sangat membantu sekali. Biasanya akan ada dua pilihan dalam menginstall software di ubuntu. Apakah kita ingin menginstall menggunakan terminal  dengan mengetik coding seperti

"sudo apt-get install skype
atau
"sudo apt-get install vlc

dan lain sebagaimana. Untuk novice user seperti saya, biasanya saya selalu copy and paste saja. Biasanya sih selalu berhasil dan kalau tidak berhasil codenya, saya akan google lagi untuk mencari solusi yang lain.

Resiko untuk cara diatas adalah seperti yang pernah saya alami. Ada beberapa code yang kalau kita tidak mengerti, malah akan membahayakan isi harddisk kita. Misalnya code dd untuk membuat partition di harddisk kalau tidak salah. Begitu ketemu codenya, langsung saya copy paste tanpa mencari tau apakah dd itu. Akibatnya apa? ketika saya restart laptop saya, Pilihan OS sama sekali tidak keluar!!!! error dan saya tidak bisa mengakses windows ataupun ubuntu saya. Padahal saat itu saya sedang mengerjakan Project Akhir saya! Alhamdulillah saya ada simpan back up data untuk project akhir saya walaupun bukan yang terbaru. Setelah saya google mengenai dd, ternyata memang sudah ada peringatan untuk berhati-hati dalam menggunakan dd, bahkan disuruh back up dulu isi harddisk sebelum menggunakan. Dari kepanjangannya aja, seharusnya kita sudah berhati-hati, dd=Disk Destroy / Destroy Disk (saya lupa).

Pilihan yang kedua dalam menginstall software di ubuntu adalah dengan mendownload software tersebut dalam format tar.gz (format compress seperti rar atau zip) atau .deb. Nah, bukan berarti dengan mendownload software tersebut, cara installnya jadi lebih mudah. Untuk format tar.gz, cara instal yang saya tau tetap menggunakan terminal dengan code seperti

"tar xzvf OOo_3.2.0_LinuxIntel_install_en-US_deb.tar.gz
atau
"sudo dpkg -i ~/Desktop/OOO320_m12_native_packed-1_en-US.9483/DEBS/*.deb"

wuih, jadi makin bingung kan dengan apa maksud dari setiap alphabet diatas. Saya sih biasanya tetap google dan copy paste caranya hehehehe. Kalau yang.deb, saya kurang tau, tapi pernah mencoba dan cara installnya tinggal klik-klik aja tapi kadang-kadang pernah ga berhasil juga.

Ditambah lagi ya, setiap solusi di internet belum tentu sesuai dengan versi Ubuntu yang ada di laptop kita. Nah, jadi makin pusing kan hehehehe.

bersambung....

0 comments: