Pages

Tuesday, March 15, 2011

Rayyan dan Nurserynya....

Selama ini Rayyan terdaftar di IIUM Educare yang berlokasi di Kampus UIA. Sudah sejak July 2010, berarti sudah sampai 9 bulan lah. Selama 9 bulan ini, mungkin hanya sekitar 3 atau 4 bulan saja aku mengantar Rayyan ke nursery. Selebihnya, ada mamaku yang sempat datang 1 bulan lebih disini dan setelah itu ibu mertuaku-Ummi yang bersedia tinggal bersama kami untuk menjaga rayyan.

Waktu itu aku tidak terus serta merta menghentikan nursery rayyan. Aku tetap terus membayar uang bulannya. Waktu itu kami khawatir saja kalau misalnya tiba-tiba ummi harus pulang ke aceh, atau ummi kurang sehat, mau kami titipkan rayyan ke siapa????

Kemudian ibu dari ummi meninggal dunia, saat itu ummi pulang ke aceh lebih dr 1 bulan. Selama 1 bulan itu rayyan kembali masuk ke nursery. Alhamdulillah sekali dan bersyukur karena sebelumnya kami memutuskan untuk tetap membayar biaya nursery walaupun ummi ada di rumah. Kalau tidak, saat itu akan menjadi serba huru hara memikirkan dimana bisa menitipkan rayyan. Bisa-bisa kami akhirnya asal-asalan mencari TASKA mana saja yang bisa menerima Rayyan, padahal tidak semua TASKA itu berdaftar resmi dan terjamin kualitas pengasuhnya. Walaupun harus mengeluarkan uang, tapi kami menjadi aman lah dan tidak bingung menghadapi situasi emergency seperti tadi.

Saat ini ummi sudah kembali tinggal dengan kami dan biaya nursery pun tetap dibayar. Akan tetapi bulan lalu aku memikirkan untuk berhenti dari nursery. Disamping memikirkan uang yang harus dibayar, dan juga akhir bulan 5 ini aku akan pulang ke aceh, kemungkinan sampai awal september nanti. Jadwal kemasukan semester baru di UIA berubah. Yang biasanya masuk sekitar bulan juni/july, akhirnya masuk awal september. Sekarang pun Rayyan sudah 15 bulan, sudah besarlah dan ada Uyun juga di rumah kalau misalnya ada emergency case. Jadi akhir bulan lalu, aku sudah memberikan 1 month notice kepada pihak IIUM Educare, jadi bulna maret ini adalah bulan terakhir aku membayar nursery rayyan. Kalau dihitung-hitung, kalau kami tetap membayar sampai september, total biaya yang dikeluarkan sampai RM1000 walaupun pihak nursery bilang, ada option lain selain berhenti, yaitu bercuti, dan biasanya uang bulannya akan dikurangkan sampai setengahnya. Tapi tetap saja aku merasa sayang saja uangnya.

September nanti, kalau memang perlu sekali untuk rayyan masuk nursery, kami akan antri lagi lah. Mudah-mudahan bisa dapat cepat, kalau tidak dapat pun, ada Uyun yang bisa aku harapkan untuk bergantian menjaga Rayyan. Kelas-kelasku pun biasanya sore atau malam dan uyun akan aku minta untuk tidak mengambil kelas sore atau malam. Jadi insyaallah, september nanti, semua masalah sudah teratasi. Aku sudah memikirkan plan A, B atau C.

Sebenarnya, aku juga ingin rayyan bisa masuk nursery, selain nanti aku bisa fokus belajar dan membuat assignment, aku juga ingin rayyan bersosialisasi dengan anak seumur dia. Rayyan juga bisa banyak beraktifitas dengan kegiatan-kegiatan di nursery. Tapi ya untuk anak usia 15 bulan, atau nanti bulan september, usianya sudah akan 20 bulan, belum terlalu penting sekali untuk masuk sekolah. Ketika rayyan sudah 2 tahun, barulah aku merasa kalau rayyan bisa masuk sekolah dengan rutin :)

0 comments: