Pages

Monday, November 22, 2010

Seminggu bersama keluargaku

Seminggu sudah Bapak, Mama, Nurul dan Rina berada di rumahku, di gombak tercinta. Selama seminggu ini, banyak hal-hal baru yang aku alami bersama keluargaku itu. Hari ini, Bapak dan Mama kembali ke Banda Aceh, kembali kepada kesibukan Bapak dengan rumah cendana dan kesibukan mama di toko. Rina akan kembali ke Adelaide tanggal 6 Desember nanti dan uyun akan tinggal bersamaku, tanggal 50 November ini, Uyun akan daftar ulang di UIA, memulai rutinitasnya sebagai mahasiswa baru UIA.

Selama seminggu Mama di rumah, aku belajar banyak hal dalam mengasuh Rayyan. Selama ini, aku agak kurang perhatian dengan gizi makanan Rayyan. Aku terlalu mengambil mudah dalam menyediakan bubur rayyan. Aku pun menyerahkan sepenuhnya pada Ummi dalam menyediakan bubur rayyan pada saat ummi di sini. Dan aku pun menyerahkan sepenuhnya pada pihak Nursery dalam menyediakan bubur Rayyan selama rayyan masuk ke Nursery. Aku seharusnya lebih telaten dalam mengasuh Rayyan. Berusaha mencari solusi mengapa berat badan Rayyan agak kurang padahal rayyan makannya lumayan banyak dan tidak susahlah untuk diberi makan. Aku juga seharusnya berpikir untuk membawa Rayyan menjumpai Dokter Anak, untuk sekedar berkonsultasi mengenai perkembangan Rayyan. tapi aku terlalu mengambil mudah sehingga Rayyan sudah 2 bulan tidak timbang berat badan dengan alasan sibuk, lupa dan sebagainya yang seharusnya alasan tersebut bisalah diakali. Ah, aku memang selama ini terlalu mengambil mudah dan meremehkan beberapa hal penting.

Aku juga belajar dari mama, walaupun aku bekerja dari pagi sampai malam, bukan berarti keadaan rumah pun berantakan, dengan alasan sibuk kerja dari senin-jumat. Dulu pun mama bekerja, bahkan lebih sibuk lagi dengan tugas2 sebagai Perawat, tapi masih tetap bisa mengatur rumahtangga dengan baik walaupun tidak sempurna. Selama ummi pulang, aku hampir tidak pernah lagi masak. Untuk sarapan, pagi-pagi bangun terlambat, sehingga tidak sempat untuk menyiapkan sarapan untuk diriku sendiri (b'fahmi sih memang tidak sarapan sama sekali). Kalau makan malam apalagi, sampai di rumah sudah mau dekat maghrib, capek dan ngerasa ga sanggup untuk masak, akhirnya tiap malam selalu makan tomyam.

Setelah membaca buku 12 Bulan Pertama, disini aku membaca tips-tips untuk ibu bekerja yang baru mempunyai anak pertama. K.uncinya adalah, hidup itu harus ada planning. Kegiatan setiap hari dibuat planningnya, misalnya setiap 15 menit sekali. Misalnya:
5.45: bangun pagi, salat subuh
6.15: menyusui rayyan
7.00: memompa ASI
dts.

dan kita pun harus disiplin dalam menjalankan planning jadwal kehiatan sehari-hari yang kita buat tapi tetap, jangan sampai terlalu ketat sekali dengan jadwal tersebut, bisa stress kalau misalnya jadwal yang dibuat gagal. Jadi tetap santai tapi pasti.

Tips-tips yang lain yaitu dalam hal memasak. Sama, yaitu buat jadwal masakan selama 1 minggu. Misalnya:
senin- Sarapan: Bihun goreng+telur dadar
Senin - Makan Malam: Tongkol goreng sambal + sayur kangkung
dts...

Jadi kita bisa memperkirakan barang-barang dapur apa yang harus dibeli untuk stok seminggu. Dan juga saat weekend, kita bisa membuat sambal untuk persiapan seminggu dan menyimpannya di freezer. Atau bumbu-bumbu lain disiapkan. jadi pas pulang kerja, bumbu-bumbu sudah siap, tinggal goreng-goreng saja.

Tips untuk pagi hari, untuk menghindari situasi seperti dikejar hantu pada pagi hari, pastikan pada malam harinya, segala keperluan untuk pagi hari, seperti tas kerja, tas baju anak, cucian piring kotor, kalau berencana untuk buat sarapan, bumbu bihunnya misal, semua itu harus dipersiapkan saat malam harinya. Jadi pagi-pagi, kita sempat bermain-main dengan anak, bukannya malah kayak dikejar hantu mempersiapakn keperluan pagi itu, atau malah sibuk di daput mencuci piring kotor atau menggiling bumbu.

Ah, sebenarnya tips-tips yang diberikan sangat simple dan mudah untuk dilakukan, tp sifat manusia yang pemalas dan malas disiplin. Maunya serba on the spot, ujungnya malah keteteran.
kalau memang mau semuanya berjalan lancar, hidup memang harus selalu penuh dengan perancangan, supaya semua berjalan teratur....

0 comments: