Pages

Wednesday, November 10, 2010

Belajar Duduk Sendiri

Dalam 2-3 hari ini, aku melihat sendiri yang Rayyan sudah bisa duduk sendiri. Mulai dari posisi merangkak, kemudian tiba-tiba Rayyan sudah duduk. Ah, hepinya melihat Rayyan sudah bisa duduk sendiri. Sebelumnya rayyan memang sudah bisa duduk, kyknya sejak umur 7/8 bulan tapi itu kalau kita yang mendudukkan dia. Awalnya bisa duduk tapi masih suka jatuh sendiri, jadi harus diawasi dan tidak bisa ditinggal. Kemudian lama kelamaan Rayyan duduk tanpa jatuh, dia sudah bisa mengontrol duduknya. Cuma ya belum bisa duduk sendiri dari posisi merangkak. Dia masih baru-baru belajar duduk sendiri. Jadi hanya sesekali Rayyan dengan sendirin. Ya tidak apa-apa, biasanya juga begitu. kalau rayyan sudah bisa melakukan hal-hal baru, biasanya dia akan melakukannya sesekali sampai kemudian setelah dia merasa nyaman, barulah kita kan sering melihat rayyan melakukannya.

Berarti Rayyan memulai dengan merayap, kemudian duduk, kalau merangkak dengan lutut, masih belum tapi dia sudah mulai menunjukkan aksi merangkak tapi masih merangkak di tempat hehehe. Ya kita sabar saja melihat perkembangan anak kita, jangan sampai dipaksa-paksa. Kemampuan anak itu berbeda-beda. Rayyan usia 11 bulan baru bisa duduk dengan sendirinya. Kalau orang lain yang dengar, pasti langsung dibilang, "kok terlambat sekali????!!!1". Nah, untuk para ibu-ibu semua, jangan didengar apa komentar-komentar orang, jangan sampai stress. Kita harus tahu bahwa kemampuan setiap anak itu berbeda-beda. Bukan berarti kalau seorang anak LAMBAT berjalan atau merangkak atau merayap atau duduk atau bicara, kemudian anak tersebut bodoh atau ada kelainan. Sekali lagi, kita harus tahu bahwa kemampuan setiap abak itu berbeda-beda. Bukan berarti kalau seorang anak CEPAT berjalan atau merangkak atau merayap atau duduk atau bicara, kemudian anak tersebut lebih pintar atau genius. Jadi kita sebagai ibu, jangan sampai stress memikirkan kata-kata orang.

Akan tetapi, kita juga harus mengetahui batasnya. Kita juga harus mampu menyadari, pakai insting seorang ibu, kalau misalnya anak kita mungkin ada masalah. Kalau sampai umur 2 tahun juga masih belum bisa jalan atau umur 4 tahun masih belum bisa berbicara, nah mungkin sudah saatnya kita menjumpai dokter anak. Oleh karena itu, kita sebagai seorang ibu, harus ada pengetahuan tentang perkembangan anak. Jaman sekarang mudah, kita bisa mencari informasi melalui internet sebelum memutuskan unutk menjumpai dokter.

Oia, untuk sang Ayahnya juga musti punya pengetahuan ya tentang perkembangan anak. Para ayah jangan hanya mengandalkan sang Ibu dalam mengasuh anak sehingga tidak mau mengambil tau mengenai ilmu mengasuh anak :)

0 comments: