Pages

Wednesday, August 30, 2017

Idul Adha 2017 di Perantauan #1

Cuti Idul Adha tahun 2017 jatuh pada hari jumat tanggal 1 September. Hari sebelumnya, tepatnya hari kamis tanggal 31 Agustus juga merupakan tanggal merah yaitu Hari Kemerdekaan Negara Malaysia. Apakah artinya dua tanggal ini? Ini bermakna long weekend yang sangat bermakna bagi para pekerja nine to six seperti kami ini. Teman-teman sekantor yang orang lokal sudah pasti akan mengambil cuti untuk kembali ke kampung halaman masing-masing. Walaupun lebaran Idul Adha di Kuala Lumpur tidak semeriah Idul Fitri, tapi momen lebaran seperti ini tetap dimanfaatkan oleh para perantau untuk menjenguk orang tua masing-masing.

Bagaimana dengan kami si perantau warga asing? Seperti biasa, aku dan suamiku memang tidak pulang ke Banda Aceh. Seperti sebelum-sebelumnya, kami merayakan Idul Adha di Kampung Sungai Salak, di rumah sewa kami tercinta. Kadang-kadang, orang tuaku akan datang ke sini. Akan tetapi, karena orang tuaku sudah merayakan Idul Fitri tahun ini di sini, maka kali ini mereka memilih untuk berlebaran di Aceh saja.

Jujur saja, tahun ini aku tidak terlalu bersemangat menyambut Idul Adha. Biasanya aku sudah mulai memikirkan menu yang akan aku masak dan mulai menyicil bumbu-bumbu yang akan dipakai untuk memasak di minggu sebelumnya. Tapi terpikirkan juga lah mau masak apa. Keinginan saat ini adalah masakan apa saja selain rendang, toco, sayur lodeh dan lontong hahahaha. Ingin berbeda saja untuk tahun ini. Salah satu piliham menu adalah memasak kari daging lembu atau pun kambing. Tapi aku sama sekali belum pernah masak kari daging sendiri tanpa bantuan Mama atau Ummi. Jadi sedikit riskan saja kalau ternyata hasilnya itu super tidak enak. Mau makan apa kami di pagi raya? Adik bungsuku yang juga bekerja di Kuala Lumpur memang akan datang ke rumah. Tapi ya kemampuan masaknya juga belum bisa diharapkan untuk bisa menggantikan aku untuk masak kari kambing.

Resepnya sih sudah Mamaku kirimkan. Tapi aku masih belum percaya diri untuk memasaknya. Jadi H-2 sebelum hari raya, aku masih belum memutuskan mau masak apa. Kalau kari daging jadi, aku mau memadukannya dengan memasak nasi arab yang aku juga belum terlalu ahli hahahaha. Tapi kalau beneran jadi, aku mau beli beras basmathi suapaya benar-benar jadi nasi arab. Untuk sayurnya, aku malah terpikir untuk membuat salad arab yang pakai cuka itu.

Long weekend ada 4 hari. Trus mau ngapain lagi ya? Pengennya pasti jalan-jalan yang agak jauh. Tapi berdasarkan pengalaman sebelumnya, hindari liburan di saat peak season seperti ini. Sudah bisa dipastikan akan terjebak kemacetan di jalan-jalan tol di sini. Lebih baik keliling saja daerah Kuala Lumpur dan Selangor.

Masih ada 2 hari lagi waktu untuk memikirkan menu Hari Raya Idul Adha tahun ini....

0 comments: