Pages

Monday, October 25, 2010

Foto-foto Rayyan

Sebagai new parent, 1 kebiasaan baru kita adalah, tiada hari tanpa mengambil foto anak kita. Setaip saat, setiap menit kita bersama anak, kita akan selalu mengabadikan momen-momen tersebut dengan foto. Apalagi dengan adanya Hp kamera, di kantong kita akan selalu tersedia kamera. Ya begitu juga denganku. Walaupun kamera HP ku hanya berpixel pas-pasan, ya ga pa pa, toh foto yang diambil juga ga untuk dicetak kok, cuma disimpan sebagai softcopy saja di komputer.

Berhubung kebanyakan dari kita, hanya sedikit sekali kemungkinan untuk mencetak beratus-ratus foto anak kita di komputer, pastinya hard disk komputer penuh dengan foto anak. Resiko menyimpan foto di komputer ya tentu saja dengan serangan virus yang bisa saja akan menghilangkan koleksi foto-foto kita. Jadi yang paling penting harus kita lakukan adalah memback-up foto2 tersebut. Salah satu caranya adalah dengan cara memburn/membakar foto ke dalam CD atau DVD. Jangan sampai terjadi seperti pengalaman kenalan saya, semua foto-foto anaknya, dari mulai foto saat baru lahir sampai foto terbaru, semua hilang dimakan virus, karena beliau hanya menyimpannya di external hard disk beliau. Emang sih, ada yang bilang, santai aja, ntar hard disknya bisa direcover kembali kok isi2nya walaupun sudah dimakan virus. Nah, untuk beliau2 yang punya kepakaran plus aplikasi2 powerful yang bisa recover isi harddisk, ya silahkan untuk santai, tp untuk kita2 yang mungkin ngerti tapi ga punya aplikasinya, atau mungkin juga kurang mengerti tentang data recovery, ya sebaikknya kita mengambil langkah yang save saja, dengan membuat data backup di CD dan DVD. Tapi yang paling penting kl mau membackup data dengan CD ataupun DVD, belilah CD dan DCD yang bermerek, jangan beli yang mereknya ga jelas. Seperti pengalaman saya, saya membackup data-data selama saya kuliah ke dalam DVD yang merek ecek-ecek, Ketika laptop saya bermasakah dan terpaksa di format, ketika saya mau mengcopy kembali dari DVD tersebut, eh, tiba-tiba, DVDnya corrupted, hilang lah seudah data-data penting selama saya kuliah, huf.... Jadi tidak ada salahnya untuk membeli CD atau DCD yang mahal demi data-data penting kita.

Kembali ke foto anak. Sekrang ini saya tengah mensortir foto anak saya, dan mengkategorikan semua foto berdasarkan umur perbulan. Skrg umur anak saya sudah mau hampir 11 bulan, jadi foto-fotonya saya bagi menjadi 10 folder, folder 1 bulan - 10 bulan. Kebetulan sejak awal, mama saya juga mensarankan, agar di HP kamera atau kamera digital saya, date/tanggalnya diaktifkan. Jadi kita bisa tau, foto tersebut adalah foto anak umur berapa. Seru juga ternyata, apalagi kl nnt dilihat0lihat ulang. Kita bisa lihat perbedaan anak kita setiap bulannya.....

Begini lah kira-kira bagaimana saya mensortirnya...


kemudian saya akan burn koleksi foto2 ini di CD/DCD terpisah dari koleksi foto2 yang lain...

1 comments:

jaka said...

makasih gan infonya dan salam sukses