Pages

Tuesday, May 24, 2011

Buku Yang Setia Menemaniku Selama 12 bulan Pertama

Menjadi seorang ibu, apalagi untuk pengalaman yang pertama, bisa menjadi situasi yang membuat stres. Memang, pada saat kehamilan, aku sudah membeli beberapa buku tentang bayi dan cara mengasuhnya. Aku juga rutin membeli majalah khusus untuk orang tua dan bayi. Belum lagi bacaan-bacaan yang aku dapatkan dari internet. Pokoknya kalau dari segi bacaan, lengkap deh. Dalam hati merasa kalau aku sudah siap manjadi seorang ibu yang baik.

 Ketika sang bayi lahir, melewati beberapa hari pertama dan beberapa bulan pertama, disitulah kebingungan melandaku. Aku sama sekali tidak tau bagaimana perkembangan seorang bayi dari bulan pertama dan seterusnya. Yang aku maksudkan adalah, biasanya kalau bayi berusia 1 bulan, sudah mampu apa saja. Apakah sudah bisa tersenyum atau bisa diajak bercanda. Begitu juga di usia 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11 dan 12 bulan. Aku ingin tahu secara detail bagaimana biasanya dan seharusnya perkembangan seorang bayi setiap bulannya. Sejujurnya, yang aku tau hanya info-info dari keluarga seperti, biasanya bayi umur 4 bulan udah bisa mengangkat kepala. Umur 6 bulan sudah bisa menegakkan kepala, dan sebagainya. Bagi aku info dari keluarga masih sangat sedikit sekali, aku perlu info yang lebih detail lagi.

Demi memuaskan keinginan aku untuk mendapat informasi lengkap mengenai bayi, mulailah aku menjelajahi internet. Uncle Google menjadi sahabat sejatiku dalam menemukan website, artikel atau buku yang aku inginkan. Sampai pada akhirnya aku menemukan buku yang sangat pas sekali dan benar-benar menenuhi keinginanku. Aku menemukan sebuah website, www.tipsbayi.com. Di dalam website tersebut, informasi mengenai bayi memang tidak terlalu lengkap. Yang membuat aku tertarik adalah bukan isi dari website mereka, tapi ebook (electronic book) yang mereka tawarkan, yang berjudul "12 bulan Pertama"

Ebook tersebut benar-benar memenuhi dahagaku untuk mengetahui berbagai informasi mengenai perkembangan seorang bayi. Dari buku tersebut aku bisa mengevaluasi bayiku sendiri dengan memeperhatikan perkembangan bayiku apakah sesuai dengan umurnya. Tentu saja perkembangan setiap bayi itu berbeda-beda. Yang cepat dan ada yang lambat. itu bukan suatu masalah karena yang terpenting di orang tua tau apakah si anak termasuk yang cepat atau lambat. Kemudian bisa dicari solusi bagaimana meransang perkembangan di anak jikalau si anak, sampai di usia tertentu, ternyata masih belum bisa merangkak, misalnya.

Kalau Rayyan sendiri, agak lambat merangkaknya. Mungkin karena dulu aku berpikir, kalau si anak siap untuk merangkak, maka dia akan merangkak dengan sendirinya. Jadi jangan dipaksa-paksa. Ternyata, hal tersebut salah. Bayi pun perlu diberi rangsangan yang cukup untuk meningkatkan kemampuan motoriknya. Untuk merangsang bayi merangkak, letaknya sebuah objek yang menarik perhatian bayi, seperti mainannya, agak jauh dari jangkauan tangannya. Jadi si bayi akan berusaha meraih mainannya. Hal tersebut akan melatih si bayi untuk merangkak. Begitu lah salah satu tips berguna dari ebook diatas.

Walaupun aku membeli ebook tersebut bisa dibilang agak terlambat, kira-kira sewaktu usia Rayyan sudah 4 atau 5 bulan, tapi better late than never kan??? ebook ini benar2 sangat berguna sekali sehingga aku ingin sekali merekomendasikan ebook ini kesemua orang. Dengan harga yang terjangkau, bahkan kita bisa memprint sendiri isi buku ini lho tanpa harus membawa ke percetakan. Karena yang kita beli adalah softcopy berbentuk pdf. Insyaallah aku akan buat entry khusus bagaimana memprint ebook menjadi berbentuk booklet atau buku....

0 comments: